agreementPinjaman Darurat Kesehatan adalah pinjaman dana untuk kebutuhan darurat terkait diri atau keluarga Alumni SMPN 10 Jakarta Angkatan 85 yang mengalami musibah sakit atau kecelakaan yang pengobatannya masih belum dapat sepenuhnya tercover oleh Asuransi Jaminan Kesehatan lembaga.

Dana Pinjaman Darurat ini dikelola oleh Koperasi, yang penggunaannya memiliki persyaratan dan ketentuan sebagai berikut.

  1. Layanan Pinjaman Darurat Kesehatan hanya dapat diajukan Anggota KOPANI-85 untuk pengobatan diri atau anggota keluarga inti (istri/suami/anak) yang menjadi tanggung jawabnya.
  2. Pengembalian pinjaman darurat ini bersifat murni tanpa bagi hasil dan dapat dicicil oleh pegawai.
  3. Pinjaman didasarkan atas akad pinjam meminjam (al-Qardh), dimana pegawai yang mengajukan (pemohon) harus menyampaikan permohonan kepada Divisi Sosial KOPANI-85 dengan persetujuan Pengurus KOPANI-85.
  4. Untuk pengembalian pinjaman, peminjam dapat memberikan kuasa kepada Divisi Sosial KOPANI-85 untuk melakukan angsuran  yang disepakati dalam akad, yang selanjutnya disetorkan ke rekening yang ditunjuk.
  5. Apabila karena sesuatu hal, angsuran tidak dapat terlaksana, maka peminjam wajib membayar langsung ke rekening yang ditunjuk sesuai dengan waktu pembayaran yang disepakati dalam akad.
  6. Divisi Sosial KOPANI-85 berhak menerima atau menolak pengajuan pinjaman, dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.
    – Status kepegawaian dari pemohon
    – Kesesuaian peruntukan dana
    – Sifat darurat dari kejadian
    – Ketersediaan dana
    – dan pertimbangan lainnya